50% Pasien HIV+ di Asia Pasifik Kurang Perawatan Medis


Faktanya, kurang dari 50% orang yang hidup dengan HIV positif (ODHA) di Asia Pasifik memiliki akses terhadap obat antiretroviral yang menyelamatkan nyawa.

UNAIDS merilis angka statistik pada Hari AIDS Sedunia untuk membantu mempublikasikan kekurangan global dalam akses terhadap perawatan dan pengobatan berkualitas bagi orang dengan HIV+. Kampanye untuk meningkatkan kesadaran tersebut dinamakan Right to Health.

Wilayah Asia Pasifik mencakup negara-negara di dekat Samudra Pasifik barat. Ini mencakup Asia Timur, Asia Tenggara dan Oceania - Australia, Kepulauan Pasifik Selatan dan Selandia Baru. Sementara beberapa statistik HIV dari kawasan ini mengkhawatirkan, para ahli mengatakan bahwa ada juga beberapa pencapaian besar dalam HIV di Asia Pasifik.

Cuplikan UNAIDS terbaru dari Asia Pasifik mengungkapkan:
  • Sekitar 5,1 juta orang hidup dengan HIV di Asia dan Pasifik;
  • Kurang dari separuh (2,4 juta) memiliki akses terhadap pengobatan antiretroviral yang menyelamatkan nyawa;
  • Sekitar 170.000 orang meninggal karena penyakit terkait AIDS pada tahun 2016;
  • Ada sekitar 270.000 infeksi HIV baru pada tahun 2016, dengan 15.000 di antaranya adalah anak-anak.


Namun, kemajuan penting mencakup penurunan 13% kasus HIV baru antara tahun 2010 dan 2016 di Asia Pasifik. Pada saat itu juga ada penurunan 30% kematian terkait AIDS. Kasus baru pada anak-anak di wilayah ini telah turun 38% sejak 2010.

"Sebagai komunitas global, kami membuat kemajuan besar melawan HIV," kata Dr Bridget Haire, Presiden Federasi Organisasi AIDS Australia (AFAO).

"Namun, epidemi bersifat dinamis. Jika Anda tidak mempertahankan momentum, mereka dengan cepat mendapatkan kembali kekuasaan.

"Kami masih memiliki banyak jalan untuk mengakhiri HIV di wilayah kami. Baik Pemerintah Australia maupun negara-negara kaya lainnya harus mempertahankan komitmen politik dan keuangan mereka untuk mencegah dan mengobati HIV dimana pun ia muncul. '

Haire mengatakan bahwa penting untuk memperbaiki akses terhadap obat HIV. Peningkatan akses akan laki-laki yang positif HIV dapat menjalani kehidupan yang panjang dan sehat, tanpa risiko penularan lebih lanjut.

Dia mengatakan bahwa alat yang mencegah HIV seperti, antiretroviral, kondom, dan tes HIV yang cepat, harus didistribusikan ke seluruh Asia.

Fokus pada kelompok berisiko tinggi

"Namun, ini juga memerlukan fokus khusus pada peningkatan akses terhadap perawatan kesehatan bagi pekerja seks, orang-orang yang menyuntikkan narkoba, dan pria yang berhubungan seks dengan pria," kata Haire.

Komunitas ini harus menghadapi ancaman kembar untuk lebih terpapar HIV dan lebih cenderung menghadapi stigma dan diskriminasi dalam sistem kesehatan.

"Kesehatan adalah hak universal, terlepas dari jenis kelamin, orientasi seksual, etnisitas, atau tingkat pendidikan."

Sumber: https://www.gaystarnews.com/
Share on Google Plus

About Blued Indonesia

    Blogger Comment
    Facebook Comment