Perjuangan Michael Kho Perankan Gay di 'Kenapa Harus Bule?'


Dalam film Kenapa Harus Bule?, sosok Arik yang mewakili karakter gay menjadi salah satu karakter utama dalam film tersebut. Sang aktor, Michael Kho mengaku punya banyak perjuangan untuk menjadi Arik.

Michael mengisahkan ia mesti menjalani perawatan wajah yang tak biasa ia lakukan. Dan ia harus melakukan hal tersebut untuk mendapatkan sosok karakter Arik yang berkulit mulus.

Bahkan, ia harus 'puasa' menjalankan kegiatan favoritnya, yaitu olahraga Jiu Jitsu. Andri Cung, sutradara Kenapa Harus Bule? adalah pihak yang melarangnya untuk 'berolahraga khas laki-laki'.

"Andri sudah wanti-wanti 'jangan ya, lu di sini jangan latihan ya. Gue enggak mau muka lu lecet'. Perlakuan khususnya lebih ke ngerem hal-hal yang maskulin. Alis juga dicukur," kata Michael saat berkunjung ke CNNIndonesia.com, beberapa waktu lalu.

Mendapatkan peran yang jauh dari karakter aslinya, Michael bersyukur Andri amat berperan dalam membantunya mendalami karakter Arik. 

Andri pun menimpali bahwa dia menekankan pada karakter Arik untuk tidak dibuat menjadi berlebihan.

"Satu hal yang paling saya anti adalah buat karakter gay yang terlalu gimana gitu. Maksud saya, terkadang kita lupa kalau dia juga manusia dan punya hati. Jadi yang selalu saya minta ke Michael itu jangan lupa bahwa dia [Arik] ini punya hati," kata Andri.

Menurut Andri, karakter Arik, meski selalu ketus dengan sahabatnya Pipin yang terobsesi mencari jodoh bule, adalah sosok yang tetap memiliki kasih sayang. Karakter Pipin sendiri diperankan Putri Ayudya.

Di tengah maraknya pro dan kontra terkait isu LGBT, Andri dan Nia Dinata selaku produser tak memungkiri mengakui kondisi tersebut tengah terjadi di Indonesia. 

Nia mengakui ia dan Andri telah berdiskusi banyak tentang hal tersebut. Selain itu ia mengatakan bahwa dia telah cukup berpengalaman menghadirkan karakter LGBT sehingga tidak banyak khawatir soal keberadaan Arik.

Sebelumnya, Nia diketahui menghadirkan karakter LGBT di film seperti Arisan! (2003) dan Berbagi Suami (2006).

"Kami justru mau buat itu [gay] ya bagian dari manusia. Bahwa apapun latar belakang seksualnya tapi kan kita semua manusia," kata Nia.

"Dan kami itu mengedepankan pertemanan mereka, dinamika pertemanan dua karakter ini [Arik dan Pipin] yang kami kedepankan," ujar Andri menambahkan.

Kenapa Harus Bule? bercerita tentang Pipin Kartika (Putri Ayudya) yang ingin memiliki pasangan bule. 

Apa pun ia lakukan, mulai berburu lewat aplikasi kencan, datang ke kelab-kelab malam di Jakarta, sampai pindah ke Bali yang kini telah penuh dengan turis mancanegara.

Pipin pun bertemu dengan turis sekaligus pengusaha vila asal Italia, Gianfranco (Cornelio Sunny). Pipin lalu melancarkan strategi menaklukkan bule Italia itu. 

Namun di tengah itu, Ben (Natalius Chendana) datang. Pengusaha restoran yang mengaku indo itu terpikat dengan Pipin dan mencoba memikat hati wanita Indonesia tersebut.

Sumber: https://www.cnnindonesia.com/
Share on Google Plus

About Blued Indonesia

    Blogger Comment
    Facebook Comment