Cerita Drew Dalton Tentang Keimanan dan Orientasi Seksualnya


Suatu hari ketika ibu dari akademisi biseksual, Drew Dalton, sedang melakukan bersih-bersih, dia menemukan beberapa publikasi milik Drew Dalton yang disembunyikan. Tapi dia tidak pernah memberi tahu putranya apa yang dia temukan di rumahnya hari itu.

Tidak sampai Drew Dalton kemudian ‘coming out‘ sebagai Muslim baru ibunya mengaku bahwa  dia punya perasaan tentang kecenderungan religius dari anaknya.

Ibunya mengaku: “Yah, saya pikir saya tahu, saya menemukan Alquran yang kamu simpan.”

‘Jujur, rasanya seperti seorang remaja 15 tahun yang ketahuan menyembunyikan video porno’, rasanya hampir sama seperti coming out lagi’ kata Drew Dalton.

“Tapi dia sangat brilian.”

Lelaki berusia 38 tahun itu adalah juru kampanye keadilan sosial yang sudah lama bekerja bersama dengan aktivis veteran LGBT, Peter Tatchell. Drew Dalton sekarang bekerja sebagai dosen sosiologi di Universitas Sunderland. Dengan pengalamannya di kampanye akar-rumput, Drew Dalton juga menjadi ketua Hidayah, organisasi pendukung untuk kaum LGBT Muslim .

Drew Dalton telah merahasiakan agamanya dari ibunya karena dia percaya tidak ada ‘waktu yang tepat’ untuk menjadi seorang Muslim, terima kasih kepada semua representasi negatif dari media terhadap agama.

Tumbuh di kota kelas pekerja tambang di timur laut Inggris, keputusan Drew Dalton untuk masuk Islam tidak berjalan terlalu baik. Reaksi teman-teman dan keluarganya terhadap coming out-nya sebagai seorang Muslim, jauh lebih ‘sulit’ daripada ketika dia coming out sebagai biseksual pada usia 18 tahun.

“Saya merasa bahwa saya coming out  dua kali. Islam jauh lebih sulit bagi saya karena merasa ada internalisasi Islamofobia, ’kata Drew Dalton.

Hidup sebagai LGBT Muslim

Setelah kejutan awal, keluarga Drew Dalton dan pasangan lelakinya menerima keputusannya. Tetapi beberapa temannya yang lain tidak begitu mengerti.

“Ketika saya coming out di media sosial, saya mulai merasakan umpan baliknya,” katanya.

“Saya mendapatkan komentar seperti” bagaimana Anda bisa mendukung agama yang membunuh oran-orang  gay “dan semua hal ini.”

Orang-orang memberi tahu Drew Dalton bahwa dia telah beralih ke agama yang ‘paling mengerikan’ dan bahkan kehilangan beberapa teman yang tidak tahan denga keputusannya.


Menjadi Muslim

Drew Dalton mendekati Islam sebagai orang yang selalu tertarik pada agama. Dia juga pernah mempelajari Buddhisme karena tampak sebagai pilihan terbaik bagi seorang LGBT.

“Saya bisa memiliki seksualitas saya, saya bisa memiliki agama saya … saya bisa mendamaikan keduanya. Tapi itu meninggalkan celah karena saya masih percaya pada Tuhan, tetapi agama Budha bukanlah agama berbasis Tuhan. “

Saat mengajar Pendidikan Agama di ‘area kulit putih kelas pekerja yang sangat kasar’, Drew Dalton mulai belajar tentang Islam. Sebuah masjid telah dibuka di dekatnya dan Islamofobia sedang berputar di luar kendali di masyarakat. Jadi untuk meredakan ketegangan dia memperkenalkan Islam ke dalam kurikulum, mengatur perjalanan kunjungan ke masjid untuk murid-muridnya dan mencoba untuk menciptakan pemahaman yang lebih baik tentang agama.

Selama kurun waktu ini, minat Drew Dalton pada Islam terusik. Tetapi dia tidak sepenuhnya memeluk agama itu sampai salah satu teman terdekatnya meninggal secara tragis.

‘Itu sedikit yang membuat saya lebih termotivasi. Saya telah kehilangan sahabat saya, saya tahu tentang tempat saya di dunia. Anda mulai mempertanyakan lebih banyak hal, ‘ kata Drew Dalton.

“Saya butuh pelipur lara, jadi saya mulai berpikir lebih banyak tentang Islam.”

Tetapi sekarang dia taat dan melakukan salat  lima kali sehari. Drew Dalton bahkan membantu gay Muslim lainnya untuk mengucapkan syahadat – deklarasi iman untuk menjadi seorang Muslim.

“Itu brilian untuk dilakukan,” katanya.

Menantang Miskonsepsi

Mengatakan kepada LGBT Muslim  bahwa mereka tidak dapat menjadi anggota kedua komunitas itu adalah ‘merugikan’ orang-orang yang sedang berada di persimpangan itu, menurut Drew Dalton.

Sementara banyak orang percaya bahwa itu melanggar hukum Islam untuk menjadi gay, agama itu sebenarnya memiliki sejarah gay yang panjang.

“Anda bisa menjadi keduanya dan Anda bisa sangat bangga menjadi keduanya,” katanya.

Dia juga menyerukan komunitas LGBT untuk menjadi sekutu bagi rekan Muslim mereka dan tidak mengisolasi mereka.

“Kami minoritas di dalam minoritas. Kami benar-benar membutuhkan orang-orang yang bukan Muslim untuk membela kami, ’kata Drew Dalton.

Drew Dalton ingin orang-orang memahami bahwa agama dan seksualitas dapat hidup berdampingan dan perubahan hanya akan datang dari dalam.

‘Saya pikir ada masalah di komunitas LGBT. Kami telah terbiasa dengan narasi agama yang salah, bahwa itu menindas orang … kita terjebak dalam narasi itu sekarang, ‘katanya.

“Katakan saja kita punya pemuda Pakistan yang dibesarkan seorang Muslim yang coming out pada usia 18 tahun, kemana dia pergi? Apakah dia kembali ke komunitas Pakistannya sendiri dan menghadapi keyakinan budaya bahwa itu salah?

“Atau apakah dia pergi ke komunitas gay yang mengatakan kepadanya” Anda tidak bisa menjadi Muslim karena itu adalah agama yang menindas kami “.”

Bifobia

Drew Dalton tidak asing dengan kritik untuk identitasnya. Dia tahu dari usia delapan tahun bahwa dia tertarik pada anak lelaki dan perempuan. Dia juga tahu itu bukan fase ‘yang berlalu’.

Tetapi dengan berhadapan dengan bifobia selama hidupnya telah membantu Drew Dalton untuk menjadi orang yang tahan banting. Salah satu yang dia perlukan untuk mencoba mengarungi dunia sebagai seorang Muslim, biseksual, berkulit putih.

“Saya selalu merasa sedikit menonjol pada ‘adegan gay’ karena aku biseksual,” katanya.

“Ditambah dengan Islam dan kamu punya jalan yang sulit di depanmu.”

Menyadari tantangan di depannya adalah apa yang membuat Drew Dalton tertarik ke komunitas Hidayah, dia tahu, dengan  menemukan jaringan pendukung akan sangat penting untuk kelangsungan hidupnya.

Ummah

Mengetahui bahwa dia mungkin memerlukan dukungan sebagai orang yang baru masuk Islam, beberapa teman gay Muslim memperkenalkannya kepada  LGBT Ummah.

“Ini rumit, sangat luas,” kata Drew Dalton tentang Ummah.

Dalam Islam, Ummah atau umat berarti komunitas dan sampai teman-temannya membuka matanya, Dalton tidak tahu seberapa besar dan beragam komunitas LGBT Muslim dunia.

Setelah seorang teman menambahkannya ke obrolan pribadi dengan ratusan Muslim LGBT lainnya, Drew Dalton menyadari bahwa pasti ada lebih banyak orang di seluruh dunia yang seperti mereka.

Drew Dalton juga bergabung ke komunitas Hidayah menawarkan jasanya sebagai sukarelawan dan dalam waktu singkat menempatkan dirinya dalam komite. Drew Dalton membantu mengembangkan situs web organisasi, dia mengelola media sosial mereka dan membantu membangun Hidayah ke jaringan yang mengesankan seperti sekarang ini.

“Di ruang itu, saya menemukan diri saya sedikit lebih. Terasa sebagai penyucian, ‘kata Drew Dalton.

“Itu adalah pendekatan instan yang mudah …” Anda adalah bagian dari Ummah dan selamat datang di komunitas “.

Sangat penting bahwa Hidayah terus bertumbuh karena Drew Dalton tahu ada banyak LGBT Muslim di luar sana yang tidak mendapatkan dukungan yang mereka butuhkan.

Sumber: http://www.suarakita.org/
Share on Google Plus

About Blued Indonesia

    Blogger Comment
    Facebook Comment