Belanda Untuk Pertama Kalinya Menerbitkan Paspor Netral Gender


Belanda telah membagikan paspor netral gender untuk pertama kalinya.

Leonne Zeegers adalah orang yang ikut menerima, yang menandainya sebagai jenis kelamin X, bukan lelaki atau perempuan, setelah perjuangan di pengadilan selama dua tahun yang dia menangkan pada bulan Mei.

Mantan perawat dan pekerja seks yang berusia 57 tahun itu adalah interseks, menjalani operasi penyesuaian jenis kelamin untuk menjadi seorang perempuan pada tahun 2001, dan sekarang diidentifikasi sebagai netral gender.

Negara-negara lain seperti Australia, Denmark, Jerman , Selandia Baru, Pakistan, India, Irlandia dan Nepal telah memperkenalkan jenis kelamin ketiga pada paspor atau sedang dalam proses untuk melakukannya, serta beberapa negara bagian Amerika Serikat.

Namun, permohonan Leonne Zeegers untuk mencapai pengakuan hukum adalah pertama kali untuk Belanda .

Meskipun para pendukung berharap bahwa kemenangan akan memacu perubahan, negara saat ini tidak memberikan penunjukan netral gender kepada siapa saja yang memintanya.

Siapa pun yang mengidentifikasi sebagai non-biner harus pergi ke pengadilan jika mereka ingin negara mereka secara resmi mengakui jenis kelamin mereka.

Berbicara pada bulan Juni, Leonne Zeegers menjelaskan: “Saya telah menjalani kehidupan di kedua sisi; terkadang saya merasa sebagai seorang lelaki, kadang-kadang saya merasa sebagai perempuan, kadang-kadang saya tidak merasakan apa-apa. ”

Melihat kembali ke masa kecilnya, dia berkata: “Orang tua saya tidak ingin mengoperasi saya dan mereka membesarkan saya sebagai Leon, anak lelaki.

“Itu tidak masalah karena saya anak yang sangat kuat, semua orang menerima saya, dan tidak ada yang harus melihat di antara kedua kaki saya. Tidak ada yang tahu itu.

“Kadang-kadang saya bertindak sedikit seperti perempuan tetapi sering saya menjadi lelaki yang keras, saya adalah seorang yang macho.”


Ke depan, Leonne Zeegers menginginkan sistem pengadilan Belanda untuk sepenuhnya mengakui ribuan orang-orang interseks dan non-biner yang tinggal di Belanda yang akan menerima pengakuan resmi.

“Jenis kelamin adalah segalanya antara spektrum lelaki dan perempuan dan jika Anda ingin menjadi perempuan maskulin, tidak apa-apa,” tambahnya.

“Jika Anda seorang lelaki yang ingin memakai rok dan riasan, itu tidak apa-apa. Itu pendapat saya dan saya sadar tidak semua orang siap untuk itu. ”

Di Inggris, di mana pemerintah mengubah panduan resminya untuk lebih menerima orang-orang non-biner pada bulan Februari, Christie Elan-Cane, seorang non-gender kalah dalam sidang pengadilan tinggi untuk mendapatkan kategori ‘X’ di paspor Inggris pada bulan Juni. Keputusan itu menghambat harapan bahwa keputusan pada bulan Februari akan menjadi langkah menuju kemajuan.

Christie Elan-Cane berpendapat bahwa menolak opsi gender-netral “secara inheren diskriminatif,” tetapi hakim Pengadilan Tinggi, Jeremy Baker menolak untuk menyatakan kebijakan pemerintah adalah tidak sah.

Disadur dari SuaraKita.com
Share on Google Plus

About Blued Indonesia

    Blogger Comment
    Facebook Comment