Perlukah Pria Merawat Diri?


Pria tak seperti wanita yang sejak lahir memiliki naluri ingin bersolek. Tak heran di usia belia, para gadis sudah mengenal berbagai alat kosmetik dan perawatan wajah. Berbeda dengan pria. Namun, bukan berarti pria lantas lalai memperhatikan penampilan. 

Meski tak se-detail wanita, pria juga perlu menjaga penampilan agar tetap terlihat bersih dan menarik. Apalagi jika pekerjaan Anda mengharuskan bertemu dengan orang setiap harinya.

Perawatan tubuh dan wajah pada pria, atau umum dikenal dengan istilah grooming, telah menjelman menjadi rutinitas kaum adam di era moderen saat ini. Meskipun begitu, masih banyak pria enggan mengaku melakukan grooming karena anggapan kurang jantan, padahal hal tersebut so last year. 

Jika ditelisik lebih mendalam, grooming bukanlah gaya hidup, melainkan bagian dari kebutuhan hidup sehari-hari, dan seluruh pria di dunia pasti melakukannya.

Kembali kepada padanan istilah grooming dalam Bahasa Indonesia, yakni perawatan tubuh dan wajah, sebagai manusia tentunya merawa diri adalah rutinitas sehari-hari, yang bahkan secara tidak sadar pun tetap dilakukan. Ambil contoh sederhana menyikat gigi dan mandi menggunakan sabun, tahukah Anda bahwa kedua hal tersebut merupakan bagian dari grooming ketika dilakukan oleh pria? 

Intinya adalah grooming adalah sebuah upaya yang dilakukan pria untuk menjaga tubuh dan wajahnya agar bersih dan sehat.

Sebenarnya ada empat hal dasar dalam grooming yang setiap pria (cenderung) melakukannya, yakni mencuci wajah, menyikat gigi, menggunakan deodorant, dan menyemprotkan parfum. 

Keempat hal dasar tersebut bertujuan, apalagi kalau bukan, untuk menghadirkan kondisi tubuh dan wajah yang bersih dan segar sehingga penampilan kita pun terjaga di hadapan umum.



Berikut beberapa manfaat bagi pria yang merawat dirinya:

1. Meningkatkan rasa percaya diri

Tubuh yang terawat dengan baik dan penampilan yang menarik akan membuat Anda lebih percaya diri. Contoh sederhana adalah saat berjabat tangan, jika tangan Anda bersih dan terawat tentu tanpa ragu menerima jabat tangan dengan hangat. Berbeda jika kuku Anda panjang dan kotor, tentu membuat Anda ragu atau malu menjabat tangan orang lain.

2. Mencerminkan kepribadian

Penampilan Anda adalah cerminan kepribadian Anda. Orang akan menganggap Anda tidak mampu karena mengurus diri sendiri pun Anda tak bisa melakukannya. Penampilan yang apik akan membuat orang berpendapat kalau Anda bisa diserahi tugas dan mengerjakannya dengan baik.

3. Menarik perhatian

Pria yang terlihat bersih dan rapi tentu lebih menarik perhatian lawan jenis ketimbang pria yang sembarangan berpakaian dan membiarkan jenggot tumbuh tak terawat.

4. Orang akan menghargai Anda

Melihat Anda yang peduli pada penampilan membuat orang lebih menghargai Anda. Bagaimana Anda berharap orang akan menghargai Anda, jika Anda tidak bisa menghargai dan merawat diri sendiri.

5. Menyukseskan bisnis

Penampilan ternyata juga ikut andil dalam menyukseskan bisnis Anda. Jika penampilan Anda menarik didukung dengan kepribadian yang jujur dan bertanggung jawab, maka akan banyak kesempatan terbuka untuk Anda.

Adapun mengenai tren grooming yang kian berkembang belakangan ini, tidak menjadi keharusan bagi pria untuk mengaplikasikannya. Tren grooming berkembang karena memang tuntutan hidup modern membuat pria perlu tanpil prima, apalagi jika berkaitan dengan kehidupan sosial, then it could be something to consider.

Sumber: http://www.esquire.co.id/ - http://www.amwaytoday.co.id/
Share on Google Plus

About Blued Indonesia

    Blogger Comment
    Facebook Comment