LGBT Fans Sepak Bola Berhadapan Dengan Ancaman pada Piala Dunia di Rusia


Rusia mengatakan para  gay dan lesbian penggemar sepak bola harus merasa disambut di Piala Dunia pada bulan ini, tetapi ancaman kekerasan terhadap individu LGBT yang berencana melakukan perjalanan ke acara tersebut menceritakan kisah yang berbeda.

LGBT penggemar sepak bola lainnya yang telah menghadiri turnamen internasional mengatakan mereka tidak berniat mengunjungi sebuah negara yang terkenal memiliki undang-undang anti-gay dan pada sebuah wilayah terjadi penyiksaan lelaki gay oleh polisi.

Di Cunningham, yang mengepalai aliansi kelompok LGBT  penggemar sepak bola di Inggris, dikirimi surel anonim yang memperingati organisasi itu untuk menjauh dari Piala Dunia setelah mereka memberitahu media Rusia tentang rencana mereka untuk datang.

Salah satu surel, berisi foto tangan seorang lelaki yang memegang pisau lipat dengan peringatan bahwa pengirim akan menunggu untuk menikam para pengunjung di Rusia.

Surel yang lainnya, mengaku dari seorang pengacara, mengatakan bahwa organisasi “sodomi” sedang diselidiki dan direkomendasikan agar anggota menjauhkan diri dari Rusia.

Ancaman tidak menunda Di Cunningham atau Joe Wright – seorang mahasiswa hukum yang menjalankan kampanye untuk aliansi – dari berkunjung ke turnamen.

“Saya ingin mendukung tim saya dan untuk memastikan bahwa, betapapun kecilnya, ada kehadiran penggemar LGBT + yang terlihat di negara yang memusuhi komunitas itu,” kata Di Cunningham.

Dia menambahkan bahwa hal itu “tidak dapat diterima” ketika FIFA telah memberikan dua turnamen berturut-turut ke Rusia dan Qatar, negara yang tidak menghormati hak-hak LGBT.

Joe Wright mengatakan teman-teman dan keluarganya akan lebih suka dia tinggal di rumah karena mereka khawatir tentang keselamatannya di Rusia baik sebagai seorang gay dan seorang penggemar Inggris, dalam kejatuhan hubungan  diplomatik saat ini antara Moskow dan London.

Tapi “Saya ingin mengalami atmosfer, sensasi pergi ke Piala Dunia dan, tentu saja, saya ingin menyemangati Inggris,” kata Joe Wright.

Pride in Football melaporkan ancaman anonim ke FIFA dan diberitahu bahwa ancaman tersebut sedang diselidiki oleh pihak penyelenggara di Rusia.

‘Sambutan yang hangat’

Walaupun kota-kota besar Rusia memiliki tempat-tempat dan komunitas LGBT, kekerasan terhadap gay dan retorika homofobik di negara ini secara teratur menjadi berita utama global.

Undang-undang “propaganda gay” 2013 secara resmi melarang promosi “hubungan seksual non-tradisional” kepada anak di bawah umur dan secara efektif melarang aktivisme hak-hak gay.

Para pegiat telah ditugasi untuk membagikan informasi tentang hak LGBT di media sosial dan ditahan karena membawa bendera pelangi pada demonstrasi.

Dan tahun lalu lelaki gay di Chechnya, republik mayoritas Muslim di Rusia selatan yang diperintah oleh Ramzan Kadyrov, mengatakan mereka telah disiksa oleh lembaga penegak hukum.

Meskipun demikian, Alexei Smertin – mantan pemain sepak bola dan ketua tim anti-diskriminasi turnamen – mengatakan suporter LGBT harus merasa “aman dan nyaman” pada acara piala dunia  di Rusia.

“Semua pengunjung ke Rusia pada 2018 – terlepas dari ras, jenis kelamin, agama, kemampuan atau orientasi seksual – dapat mengharapkan sambutan yang hangat, keramahan yang luar biasa dan pengalaman yang tak terlupakan,” kata Komite Penyelenggara Lokal FIFA.

Ia menambahkan bahwa pihak berwenang akan memungkinkan tampilan bendera pelangi di stadion dan perayaan publik.

Alexander Agapov, kepala Federasi Olahraga LGBT Rusia, menyambut pernyataan ini tetapi mengatakan dia meragukan peningkatan toleransi akan bertahan selama empat minggu penyelenggaraan Piala Dunia.

Alexander mengatakan bahwa fokus terhadap kunjungan para penggemar LGBT dapat memainkan propaganda resmi yang menghadirkan homoseksualitas sebagai fenomena yang kebarat-baratan daripada Rusia.

“Pertanyaan tentang hak asasi manusia dan keberagaman dalam olahraga bercampur dengan menjadi tuan rumah yang baik – hal itu memungkinkan para pejabat untuk mengatakan ya, kami akan membuat pengecualian, kami akan menjamin keselamatan, semuanya akan baik-baik saja untuk kaum gay dan lesbian. ,” katanya.

“Turnamen Piala Dunia akan berlalu tetapi hukum (propaganda gay) akan tetap ada.”

Rumah Keberagaman

Federasi Olahraga LGBT Rusia bekerja dengan jaringan anti-diskriminasi internasional, FARE agar  “Diversity Houses”/Rumah Keberagaman dibuka di Moskow tengah dan Saint Petersburg selama turnamen.

Rumah-rumah akan mengadakan pameran dan menyediakan ruang bagi LGBT dan penggemar etnis minoritas untuk berkumpul dan menonton pertandingan.

Direktur FARE, Piara Powar mengatakan kepada organisasinya telah meminta jaminan dari pihak berwenang bahwa lokasi akan dilindungi dengan baik.

FARE juga mengeluarkan panduan bagi para wisatawan LGBT yang berencana untuk datang ke Rusia selama Piala Dunia – menasihati mereka, misalnya, untuk berhati-hati ketika menggunakan aplikasi kencan, yang telah digunakan oleh kelompok-kelompok homofobik yang ingin menargetkan individu-individu gay.

Tetapi ruang aman dan suara yang menenangkan dari penyelenggara tidak cukup untuk meyakinkan beberapa penggemar gay untuk berkunjung.

“Sepak bola harus menjadi olahraga, bukan perang,” kata manajer proyek olahraga Klaus Heusslein dalam wawancara telepon dari Berlin.

Klaus yang telah mengikuti dua Kejuaraan Eropa terakhir, mengatakan dia tidak mengetahui ada LGBT yang akan melakukan perjalanan ke Rusia. “Mungkin akan lebih menyenangkan untuk menontonnya di depan TV di negara yang aman daripada di sana, meskipun saya ingin pergi ke tempat-tempat seperti itu,” katanya. 

Sumber: http://www.suarakita.org/
Share on Google Plus

About Blued Indonesia

    Blogger Comment
    Facebook Comment