Makna dan Sejarah Bendera Pelangi


Bendera merupakan suatu lambang atau simbol dari sebuah organisasi baik itu formal maupun non-formal. Dari kata Organisasi itu sendiri suda bisa dimengerti bahwa organisasi adalah kumpulan orang yang memiliki tujuan tertentu (definisi secara simple). Contoh formal seperti Bendera Negara atau kerajaan sedangkan yang non-formal seperti  Rainbow Flag ataupun Lembaga-Lembaga masyarakat lainnya yang dilambangkan dengan bendera.

Sejarah atau awal mula diciptakan Rainbow Flag.

Bendera Pelangi adalah bendera lambang LGBT (Lesbian, Gay,  Biseksual dan Transgender/Transeksual) sudah digunakan sejak tahun 1970an. Warna-warnanya mencerminkan keragaman dalam komunitas GLBT. Bendera ini diciptakan di California tapi kini digunakan di seluruh penjuru dunia.

Bendera Pelangi dirancang oleh Gilbert Baker asal San Francisco di tahun 1978 dengan enam garis mewakili enam warna pelangi sebagai simbol kebanggaan masyarakat gay. Bendera itu pertama kali dikibarkan dalam parade gay San Francisco pada tanggal 25 Juni 1978. Menurut kabar, Gilbert terinspirasi oleh lagu Judy Garland (ikon gay) berjudul Over The Rainbow.

Spekulasi lain menyebut warna pelangi terinspirasi oleh warna bendera perdamaian antar ras (terdiri dari warna merah, hitam, coklat, kuning, putih). Diduga Gilbert meminjam ide dari bendera ini saat kaum hippy sibuk memperjuangkan perdamaian. Menariknya, tokoh hippy yang terkenal saat itu adalah Allen Ginsberg, yang juga seorang gay

30 sukarelawan membantu pengerjaan dua bendera pelangi yang pertama. Sejak 27 November 1978 (saat supervisor San Francisco yang terang-terangan gay: Harvey Milk dibunuh), bendera pelangi dipesan dalam jumlah besar. Banyak perusahaan bendera kewalahan. Karena keterbatasan stok, Paramount Flag Company menjual versi lain dengan hanya 7 warna saja (merah, oranye, kuning, hijau, turqoise, biru, ungu) ~ karena versi ini banyak stok. Gilbert sendiri tetap memproduksi benderanya.

Tahun 1979, Bendera Pelangi kembali diubah. Ketika bendera ini digantung vertikal di tiang, warna bagian tengah tidak terlihat karena terhalang tiang. Warna turqoise pun dihapus, sehingga bendera ini menjadi 6 warna: merah, oranye, kuning, hijau, biru, ungu). Versi inilah yang dipakai hingga detik ini.

Saat ini bendera tersebut diakui oleh International Congress of Flag Makers, dan berkedar sebagai kebanggaan march gay di seluruh dunia. Di San Francisco, Rainbow Flag terdapat di mana-mana, seperti: terlihat tergantung di jendela apartemen di seluruh kota (terutama di daerah Castro), bar lokal sering juga menampilkan bendera tersebut, spanduk dan Rainbow Flag juga digantung dari lampposts di Market Street (jalan utama San francisco) sepanjang Pride Moth. Walupun pertama hanya banyak di San Fransisco, tampaknya sekarang sudah menyebar ke kota-kota lainnya seperti New York, West Hollywood, Amsterdam, dan beberapa kota lainnya.

Tapi ingat walaupun Bendera Pelangi kini dikenal sebagai bendera LGBT, tapi aslinya bendera ini bukan dominasi untuk LGBT. Berbagai komunitas dunia sepanjang sejarah sudah lebih dulu memakai pelangi sebagai lambang keragaman, juga harapan.

Berikut ini makna Bendera Pelangi/Rainbow Flag yang terdiri dari enam warna sebagai berikut :

Warna Merah

Melambangkan kesan energi, kekuatan, hasrat, erotisme, keberanian, agresi, nafsu, kehangatan, simbol dari api, pencapaian tujuan, darah, resiko, ketenaran, cinta, perjuangan, perhatian, perang, bahaya, kecepatan, panas, kekerasan. Arti positif misalnya cinta, energi, kuasa, kekuatan,  panas, kehangatan,

Warna Orange

Menunjukkan kehangatan, energy, keseimbangan, kehangatan, antusiasme, persahabatan, pencapaian bisnis, karier, kesuksesan, kesehatan pikiran, keadilan, daya tahan, kegembiraan, gerak cepat, sesuatu  yang tumbuh, ketertarikan, independensi. meningkatkan aktifitas mental. Disamping itu warna Orange memberi kesan yang kuat pada elemen yang dianggap penting. Arti positif: keberanian, kepercayaan, kehangatan/keramahan, keakraban, sukses.

Merujuk pada matahari, ingatan, imajinasi logis, energi sosial, kerjasama, kebahagiaan, kegembiraan, kehangatan, loyalitas, tekanan mental, persepsi, pemahaman, kebijaksanaan, penghianatan, kecemburuan, penipuan, kelemahan, penakut, aksi, idealisme, optimisme, imajinasi, harapan, musim panas, filosofi, ketidak pastian, resah dan curiga.

Warna Kuning 

Merangsang aktivitas mental dan menarik perhatian, Arti  positif: terang/cerdas, energi, matahari, kreativitas, akal, bahagia.

Warna Hijau

Menunjukkan warna bumi, penyembuhan fisik, kelimpahan, keajaiban, tanaman dan pohon, alami, sehat, keberuntungan, kesuburan, pertumbuhan, muda, kesuksesan materi, pembaharuan, daya tahan, keseimbangan, ketergantungan dan persahabatan. Dapat digunakan untuk relaksasi, menetralisir mata, memenangkan pikiran, merangsang kreatifitas. Arti positif: uang, pertumbuhan, kesuburan, kesegaran, healing.

Warna Biru

Memberikan kesan komunikasi, peruntungan yang baik, kebijakan, perlindungan, inspirasi spiritual/kepercayaan, konservatif, keamanan, teknologi, kebersihan, keteraturan, tenang, kelembutan, dinamis, air, laut, kreativitas, cinta, kedamaian, kepercayaan, loyalitas, kepandaian, panutan, kekuatan dari adlam, kesedihan, kestabilan, kepercayaan diri, kesadaran, pesan, ide, berbagi, idealisme, persahabatan dan harmoni, kasih sayang.

Warna ini memberi kesan tenang dan menekankan keinginan. Biru tidak meminta mata untuk memperhatikan. Obyek dan gambar biru pada dasarnya dapat menciptakan perasaan yang dingin dan tenang. Warna biru juga dapat menampilkan kekuatan teknologi, kebersihan, udara, air dan kedalaman laut. Selain itu, jika digabungkan dengan warna merah dan kuning dapat memberikan kesan kepercayaan dan kesehatan. Arti positif: keheningan, mencintai, kesetiaan, keamanan, percaya, intelligence.

Warna Ungu

Menunjukkan pengaruh, pandangan ketiga, kekuatan spiritual, pengetahuan yang tersembunyi, aspirasi yang tinggi, transformasi,  kebangsawanan, upacara, misteri, pencerahan, telepati, empati, arogan/keangkuhan, intuisi, kepercayaan yang dalam, ambisi, magic atau keajaiban, harga diri, tanpa keraguan, suka akan hal-hal yang baru.

Dari semua warna yang disebutkan diatas. intinya menjelaskan bahwa simbol warna-warna bendera Pelangi  merupakan sebagai pesan kepada masyarakat luas bahwa LGBTI itu sama seperti manusia lainnya yang hidup dibumi ini. LGBT sama-sama memiliki kehidupan dan hak yang sama, berbaur dengan masyarakat, penuh kasih dan cinta damai, memperjuangkan memberikan kontribusi penting bagi kemajuan-kemajuan lingkungan sekitar (tempat kerja/pendidikan, masyarakat, negara bahkan dunia).

Salah satu contoh: Alan Turing, tau gak  siapa dia?. Alan Turing adalah Lelaki Inggris ahli matematika, logikawan, cryptanalyst, dan ahli komputer. Hebatnya, Alan adalah seorang pria GAY. Berkat Lelaki Gay  ini, manusia modern bisa memakai komputer, berkat jasanya dalam konsep algoritme dan komputasi.

Simbolisme atau pelambangan warna pelangi itu sendiri bukanlah sesuatu yang baru. Warna-warna ini mengambil bagian dalam beberapa mitos dan cerita yang berkaitan dengan isu-isu gender dan seksualitas di Yunani, Native Amerika, Afrika, multikultural dan budaya lain.

Sumber: prayfordevil.wordpress.com
Share on Google Plus

About Blued Indonesia

    Blogger Comment
    Facebook Comment