Saya Pergi ke Terapi Konversi Orientasi Seksual & Inilah yang Terjadi Pada Saya


Terapi konversi orientasi seksual adalah topik yang berulang di seluruh dunia. Di Inggris, baru-baru ini diumumkan bahwa pemerintah berencana untuk melarang praktik ini sebagai bagian dari inisiatif untuk meningkatkan kehidupan mereka di komunitas LGBT. Keputusan itu muncul setelah survei nasional terhadap LGBT yang mengungkapkan bahwa 2% responden telah mengalami terapi konversi sementara 5% telah ditawarkan. Dalam sebuah pernyataan, Perdana Menteri Theresa May mengatakan: “Bagi siapa saja yang LGBT, atau memiliki anggota keluarga atau teman yang LGBT, hasil ini akan sangat teridentifikasi.”

Film yang disutradarai oleh Desiree Akhavan The Miseducation of Cameron Post mengeksplorasi absurditas program “konversi” dan efek yang dapat terjadi pada mereka yang menjadi peserta. Menurut penelitian oleh Williams Institute di UCLA School of Law, di Amerika Serikat, diperkirakan 698.000 orang telah menerima terapi konversi, 350.000 di antaranya sebagai remaja.

Terapi berbicara* (Talking Therapy) adalah bentuk terapi konversi yang paling umum, tetapi masih merugikan kesehatan mental seseorang. Pendeta Sally Hitchiner dari Diverse Church, yang bekerja dengan lebih dari 1.000 orang di Inggris agar pulih dari praktik semacam itu, mengatakan: “Jika mereka tidak menemukan kita, mereka sering memiliki keinginan bunuh diri. Mereka menyadari bahwa mereka tidak dapat mengubah seksualitas mereka sehingga mereka merasa seperti ingin mengakhiri hidup mereka. “

Shulli, seorang konsultan dari London, menghadiri terapi konversi orientasi seksual pada awal usia 20-an. Judi Price, seorang fotografer dan asisten dokter berusia 56 tahun dari Kansas, menghadiri program terapi agama sebagai orang dewasa muda. Ini adalah kisah mereka saat menjalani terapi konversi orientasi seksual:

Shulli, 27, London
Saya pertama kali coming out ke ibu saya saat makan malam saat liburan. ketika saya berusia berusia 11 tahun. Saya pikir saya hanya mengatakan kepadanya siapa yang saya sukai karena saya tidak mendapatkan konsep gay dan hetero. Karena saya masih sangat muda, kami berdua menepisnya dan kami tidak benar-benar membicarakannya lagi. Saya coming out  lagi pada usia 18 dan kemudian dengan secara utuh di awal usia 20-an saya.

Kedua orang tua saya benar-benar terkejut karena kami tidak mengenal siapa pun yang gay. Meskipun demikian, mereka cukup mendukung, meskipun mereka khawatir tentang apa artinya ini bagi masa depan saya. Meskipun komunitas Yahudi tidak membenci homoseksualitas, saya pribadi merasa seolah-olah saya sedang berbuat dosa. Saya telah mendengar desas-desus bahwa orang-orang telah berubah arah jadi saya pikir akan lebih baik bagi saya untuk melakukan hal yang sama.

Saya berhubungan dengan beberapa rabbi yang sangat konservatif dan itulah bagaimana saya diperkenalkan pada terapi konversi orientasi seksual. Saya mengambil satu tahun cuti dari universitas dan pergi ke sesi mingguan dengan terapis mahal, yang didanai dengan uang yang saya hasilkan selama musim panas.
Terapi saya dimulai dengan mereka mencari ‘penyebab’ saya gay . Mereka menyalahkan rendahnya harga diri, hubungan saya dengan orang tua saya dan trauma masa kecil. Saya putus asa mencoba mencari tahu tentang pelecehan apa pun dari masa lalu saya, berpikir bahwa saya mungkin telah memblokirnya dari pikiran saya. Tapi ini sepertinya bukan masalahnya. Ketika ini tidak berhasil, mereka menggunakan taktik menakut-nakuti.

Mereka mengatakan kepada saya menjadi gay adalah tentang seks dan berpesta. Saya dituntun untuk percaya bahwa saya tidak akan dapat memperoleh hubungan yang penuh kasih dengan pernikahan dan anak-anak. Mereka kemudian mengatakan kepada saya itu bisa sebagai hasil dari sesuatu yang telah saya lakukan di kehidupan masa lalu saya, jadi kami melakukan regresi kehidupan masa lalu, yang merupakan bentuk meditasi di mana kami mencari sesuatu yang mungkin telah menyebabkan saya menjadi gay. Saya tidak bisa melihat apa-apa jadi saya hanya mengarang-ngarang ketika ditanya tentang hal itu. Tentu saja itu tidak berhasil, jadi saya menjadi frustrasi.

Setelah beberapa waktu berlalu, saya akhirnya memberi tahu terapis saya bahwa saya tidak memercayainya. Saya merasa seolah-olah saya telah berusaha ekstra dan itu masih tidak berhasil. Saya bahkan meminta pekerjaan rumah dan memblokir pikiran yang bertentangan dengan apa yang saya pelajari, tetapi saya masih tidak merasakan perbedaan. Saya memintanya untuk memperkenalkan saya kepada seseorang yang berhasil  jika kami ingin melanjutkan. Ini membutuhkan waktu enam bulan – sementara itu saya harus terus membayar untuk sesi saya. Saya bertanya kepada perempuan yang mereka bawa jika dia bisa mencium atau berhubungan seks dengan lawan jenis, yang jawabannya tidak. Dia jelas bukan heteroseksual jadi saya menghentikan terapi.

Ide tentang melakukan tes adalah lazim dalam semua kelompok agama yang mencoba menghentikan orang menjadi gay. Mereka mengatakan kebanyakan orang tidak tahu apa ujian hidup mereka tetapi Anda cukup beruntung untuk mengetahuinya. Ini membuat Anda takut meninggalkan terapi karena Anda tidak ingin gagal. Saya akhirnya berhasil, tetapi itu tidak mudah. Memikirkan untuk tidak menjadi gay sepanjang hari, setiap hari, melelahkan. Saya secara tiba-tib dapat bersikap meledak-ledak dan menangis sehingga akhirnya ayah saya memohon saya untuk berhenti.

Sebagai hasil dari terapi, saya sekarang merasa sulit mempercayai orang, terutama mereka yang memiliki posisi berkuasa.

Judi, 56, Kansas
Pada tahun ketiga saya belajar di bidang biologi dan kimia di MidAmerica Nazarene University, dekat Kansas City, teman saya Stephanie dan saya berciuman. Meskipun tertarik padanya, saya tidak menyadari saya gay saat itu. Saya tidak memiliki seorang panutan yang gay dan homoseksualitas tidak pernah disebutkan di gereja. Bagi saya, berciuman tidak terasa seksual, tetapi setelah itu semakin intensif, saya tidak bisa lagi membenarkan hubungan kami sebagai sebuah persahabatan. Saya merasa bersalah dan saya tidak bisa berbicara dengan siapa pun tentang hal itu, jadi saya memutuskannya.

Setelah Stephanie, saya berkencan dengan lebih banyak perempuan, tetapi itu selalu merupakan narasi yang sama: Saya akan berkencan dengan mereka dan iman saya akan menghalangi. Itu adalah perasaan yang mengerikan karena saya sangat menyukai perempuan-perempuan ini dan tidak dapat dimengerti mengapa hubungan ini putus. Tapi bagi saya, saya berpikir menjadi gay berarti saya akan masuk neraka, jadi itu bukan pilihan.

Satu tahun, ketika rasa bersalah yang biasa terjadi, perempuan yang saya kencani meyakinkan saya untuk berbicara dengan seorang pendeta. Dia menawarkan untuk membayari saya untuk pergi mengikuti seminar. Konferensi itu untuk orang-orang yang ‘rusak secara seksual’ sehingga pecandu seks juga hadir. Para pembicara menekankan bahwa menjadi gay adalah mengenai mental dan, dengan demikian, dapat berubah. Pada saat itu, saya membenci karena menjadi seperti ini, sebab, sangat menyakitkan untuk bertemu seseorang yang ingin saya kencani, tetapi tidak bisa.

Saya mencari kelompok-kelompok ex-gay di daerah saya dan menemukan satu dengan program live-in untuk lelaki, dan sesi terapi kelompok mingguan dan studi Alkitab bagi mereka yang tidak bisa atau memilih untuk tidak melakukan program live-in. Itu sangat mirip dengan rehabilitasi narkoba. Mereka menekankan bahwa perasaan yang kita miliki tidak wajar dan dorongan seperti memiliki kecanduan alkohol. Mereka menjelaskan bahwa menjadi gay adalah efek samping dari pengalaman hidup negatif, seperti diserang secara seksual, atau sebagai akibat dari hubungan negatif dengan orang tua jenis kelamin yang sama. Saya memiliki hubungan yang buruk dengan ibu saya, yang secara fisik menyiksa saya sejak kecil, jadi saya sangat percaya ini menjadi alasannya.

Saya mendedikasikan diri untuk keluar dari pola pikir ini bersama kelompok selama hampir tiga tahun dan berdoa dengan sungguh-sungguh untuk tidak menjadi gay. Tetapi itu tidak pernah terjadi. Saya menjadi frustrasi setelah saya menetapkan bahwa konversi tidak berfungsi. Saya menyadari bahwa bukan saja saya tidak bisa mengencani perempuan karena kepercayaan saya, tetapi saya juga tidak bisa berkencan dengan lelaki.

Saya akhirnya menyadari bahwa kelompok itu bohong dan pergi untuk bergabung dengan gereja gay positif, tetapi jalan untuk menerima seksualitas saya tidaklah mudah. Pada periode waktu itu, saya telah bunuh diri jika bukan karena keinginan saya untuk hidup. Saya memiliki riwayat keluarga dengan depresi dan memiliki kecenderungan bunuh diri yang sangat kuat, jadi saya bertekad untuk tidak menjadi orang lain. Saya tahu bahwa banyak orang-orang LGBT yang telah membunuh diri,  jadi bagi saya, terapi konversi orientasi seksual bukan hanya masalah sosial, itu adalah masalah hidup dan mati.

*Terapi bicara adalah perawatan psikologis untuk masalah mental dan emosional seperti stres, kecemasan, dan depresi.
Share on Google Plus

About Blued Indonesia

    Blogger Comment
    Facebook Comment