Polisi LGBT Finlandia Berjejaring untuk Memerangi Diskriminasi


Minoritas seksual di Finlandia yang bekerja sebagai penegak hukum memiliki sejarah panjang untuk tetap menutup orientasi seksualnya, tetapi hal ini berubah ketika kepolisian Finlandia menyiapkan kebijakan LGBT mereka sendiri.

“Lelaki homoseksual memiliki waktu yang sangat sulit menjadi bagian dari komunitas polisi,” kata Linnea West, seorang perwira polisi senior di Vaasa.

Linnea West, yang telah secara terbuka sebagai lesbian sepanjang karirnya sebagai seorang perwira polisi, mengatakan dia selalu merasa diterima oleh rekan-rekan perwira – tetapi situasinya berbeda untuk lelaki, dia menjelaskan, mencatat bahwa dia sering menjadi korban lelucon cabul.

Di banyak negara Eropa, polisi LGBT memiliki asosiasi mereka sendiri, tetapi Finlandia tertinggal di bagian ini. Tanpa asosiasi resmi, polisi LGBT Finlandia terbatas pada grup Facebook tersembunyi di mana anggota dapat berbagi pengalaman dan kekhawatiran mereka tanpa takut diskriminasi di tempat kerja.

Jembatan antara polisi dan komunitas LGBT
Beberapa tahun yang lalu, Seta, kelompok advokasi hak asasi manusia Finlandia untuk minoritas seksual dan gender menyoroti kurangnya dukungan resmi untuk petugas LGBT bersama dengan Ombudsman Non-Diskriminasi. Kerttu Tarjamo, Sekretaris Jenderal Seta, mengatakan bahwa melihat minoritas seksual yang diwakili dalam kepolisian akan membantu untuk melayani komunitas LGBT dengan lebih baik.

Pada tahun 2017, polisi Finlandia bergabung dengan pawai Pride Helsinki untuk pertama kalinya , dengan petugas berseragam yang diselenggarakan oleh Ombudsman Non-Diskriminasi. Dengan bergabung dalam parade, di samping menjaga titik-titik di seluruh kota, kehadiran petugas bertujuan untuk mencegah kejahatan atas dasar kebencian terhadap minoritas seksual.

Lingkungan yang aman
Måns Enqvist, yang bekerja dengan isu kesetaraan di Dewan Polisi Nasional, mengatakan sikap petugas terhadap minoritas seksual mempengaruhi persepsi publik terhadap polisi. Menurut Mans Enqvist, minoritas seksual yang menjadi korban kejahatan atas dasar kebencian kadang-kadang takut untuk menghubungi polisi karena kurangnya kepercayaan.

“Hal ini akan mengirim pesan yang baik kepada publik ketika isu-isu yang mempengaruhi minoritas seksual sedang dibahas dalam penegakan hukum – dengan harapan dapat membantu membangun kepercayaan,” katanya.

Mans Enqvist mengatakan dia menyambut inisiatif jaringan pelangi di dalam kepolisian.

”Pekerjaan polisi secara tradisional adalah macho, yang mungkin membuat beberapa orang sulit coming out. Yang paling penting adalah kita memiliki lingkungan di mana orang merasa bahwa menjadi gay secara terbuka tidak akan menghasilkan perundungan (bullying) atau pelecehan, ”jelasnya.

Linnea West, yang pekerjaan utamanya memecahkan kasus pelecehan seks dan kejahatan terhadap anak-anak, saat ini sedang bekerja membangun asosiasi polisi LGBT pertama di Finlandia.

“Ini harapan saya bahwa tidak seorang LGBT akan menyerahkan impian mereka berkarir dalam penegakan hukum karena takut diskriminasi di dalam kesatuan,” katanya.
Share on Google Plus

About Blued Indonesia

    Blogger Comment
    Facebook Comment