Tersamar dan Dilupakan: Mengapa Biseksual Menginginkan Penerimaan


Kelompok biseksual menghadapi permusuhan dari komunitas LGBT dan tunduk pada narasi ofensif bahwa mereka “dalam perjalanan mereka untuk menjadi gay” dan dilihat sebagai “tamak” dan tersamar kata pimpinan LSM Stonewall.


Ketika Katie Salmon meninggalkan acara Love Island, pada tahun 2016, berada di acara tersebut untuk pertama kali  dan memiliki hubungan sesama jenis, dengan sesama kontestan Sophie Graydon, dia tidak yakin apa reaksi dari keluarganya.

Apa yang dia tidak harapkan adalah menghadapi bifobia dari komunitas LGBT di Liverpool, katanya, banyak yang menuduhnya melakukan itu untuk publisitas.

“Saya merasa mereka semua meragukan (bahwa saya biseksual), mengkritik saya,” katanya. Dari semua pesan yang dia terima, inilah yang “paling menyakiti saya”.

“Jujur, saya benar-benar marah karena mereka tidak mendukung saya – komunitas saya sendiri yang mungkin merasakan perasaan gugup yang sama ketika coming out.”

‘Suatu hal yang seksual’
Sejak itu, bagaimanapun, seksualitasnya juga telah diremehkan oleh para lelaki yang melanggengkan fakta bahwa ia tertarik pada perempuan, katanya.

“Mereka melihatnya sebagai hal yang seksual. Mereka pikir itu hiburan bagi mereka.”

“Mereka akan seperti, ‘Oh, kamu suka perempuan juga, kamu suka threesome.'”


Katie tidak sendirian dalam menghadapi bifobia – termasuk dari komunitas LGBT. Ketua LSM Stonewall, Ruth Hunt, menggambarkannya sebagai “masalah yang sangat nyata”.

“Kami tahu dari semua bukti kami bahwa individu biseksual benar-benar khawatir tentang permusuhan yang mereka alami dari komunitasnya sendiri,” katanya.

“Saya pikir ada kecemasan dari lesbian dan gay bahwa biseksual tidak benar-benar menjadi bagian atau mereka tidak pantas (untuk menjadi bagian dari komunitas non hetero). Dan itu adalah narasi yang sangat ofensif, stereotip, stigmatisasi – tapi itu sesuatu yang sangat populer dan terus diabadikan.

“Untuk lelaki, itu dianggap mereka sedang dalam perjalanan untuk menjadi gay. Dan untuk perempuan, itu dianggap bahwa mereka sedang mencobanya.”

Penelitian Stonewall menunjukkan 27% perempuan bi dan 18% lelaki biseksual mengalami bifobia dari dalam komunitas LGBT.


Lewis Oakley pertama memiliki pacar lelaki ketika berusia 19 tahun, setelah pindah ke London, dan menghabiskan banyak waktu di komunitas gay.

Tetapi ketika hubungan itu berakhir dan dia mulai berkencan dengan seorang perempuan, katanya, dia dipermalukan oleh beberapa temannya – meskipun mereka tahu dia adalah biseksual.

“Saya berada di klub dan saya bertemu dengan seorang perempuan dan kami berciuman. Dan kemudian beberapa teman gay saya mengambil foto itu dan menaruhnya di obrolan grup.

“[Mereka] mengatakan hal-hal seperti, ‘Oh, menjijikkan, seorang lelaki gay yang digoda [oleh seorang perempuan] di Soho,’ semua hal semacam itu.

“Bisakah kamu bayangkan jika saya mengambil foto ketika mereka mencium seorang lelaki dan menulis ini? Anda akan berpikir akan ada lebih banyak empati – tetapi tidak ada.”

Lewis mengatakan dia telah mendengar pada banyak kesempatan orang mempertanyakan seksualitasnya, mengatakan bahwa dia sedang “mencari tahu” bahwa dia adalah gay pada akhirnya.

“Bagi saya, itu sangat menjengkelkan,” katanya. “Aku berkencan dengan lelaki selama dua tahun – jika aku gay, aku akan mengaku sebagai gay.”

Dia juga menemukan orang-orang mengganggu hubungannya karena dia adalah biseksual.

Orang-orang telah mengatakan kepada pacarnya, “bahwa Anda perlu putus dengannya”.

Mereka telah mengatakan hal-hal seperti: “‘Anda akhirnya akan menemukannya di tempat tidur dengan seorang lelaki.” “Bagaimana kau akan memuaskan semua kebutuhannya?” ‘Oh, dia akan melirik lelaki lain,’ “katanya.

Kelompok biseksual lebih cenderung memiliki beberapa masalah kesehatan mental yang paling umum daripada kelompok heteroseksual atau homoseksual

Sebuah laporan penelitian dari Open University sebelumnya menyimpulkan bahwa tingkat depresi, kecemasan, menyakiti diri dan bunuh diri lebih tinggi di antara biseksual daripada kelompok heteroseksual dan homoseksual.

Stonewall telah menemukan bahwa sepertiga dari individu-individu biseksual (32%) tidak terbuka tentang orientasi seksual mereka kepada siapa pun di keluarga mereka, dibandingkan dengan 8% dari lesbian dan gay.

Lewis mengatakan bahwa banyak orang merasa sendirian karena sebagai kelompok mereka “tidak terlihat”.

Jika seorang lelaki terlihat dengan lelaki lain, katanya, mereka dianggap gay. Jika dilihat dengan seorang perempuan, mereka dianggap heteroseksual.

Penggambaran di TV
Ruth Hunt percaya jika individu biseksual ingin lebih diterima, penggambaran mereka di media harus berubah.

“Anda tidak pernah melihat karakter-karakter biseksual dengan baik dan penuh hormat digambarkan di televisi, sama sekali,” katanya.

“Ketika Anda melihat seseorang di televisi, selalu ada kebingungan, krisis, dan konflik.”

Katie Salmon mengatakan ketika seksualitasnya dipertanyakan setelah Love Island, dia bertanya pada dirinya sendiri: “Mengapa saya tidak bisa menjadi seperti yang saya inginkan?”

Tetapi dia ingin berbagi dengan orang lain bahwa mereka harus bangga dengan siapa mereka, bahkan dalam menghadapi stigmatisasi.

“Tidak ada hal yang memalukan. Tidak ada yang perlu dikhawatirkan,” katanya.

“Kamu benar-benar normal. Dan ada banyak orang di luar sana sepertimu – selama kamu mencintai dirimu itulah yang terpenting.”

Disadur dari SuaraKita.com
Share on Google Plus

About Blued Indonesia

    Blogger Comment
    Facebook Comment