Menjadi LGBT di Indonesia, Mengapa Serangan Terhadap Komunitas Semakin Meningkat


Kekerasan terhadap  LGBT meningkat di banyak bagian di Indonesia . Konservatisme agama dan agenda politik berdiri di jalan proses sosial-budaya yang perlu terjadi sehingga orang dapat bekerja pandangan mereka sendiri terhadap peran komunitas ini dalam masyarakat. Penegakan hukum sangat diperlukan untuk menghentikan orang menjadi korban perilaku tidak sopan dan bahkan kekerasan, sehingga perdebatan di negara itu dapat berkembang dengan cara yang beradab.

Menjadi LGBT di Indonesia, kekerasan terhadap “Waria”

Sejumlah insiden kekerasan terhadap komunitas LGBT baru-baru ini terjadi di Indonesia. Didampingi oleh penduduk setempat, petugas polisi di Aceh , sebuah provinsi Indonesia yang menjalankan hukum Syariah menangkap 12 orang dianggap sebagai transgender. Selama penggerebekan di salon kecantikan yang dilakukan pada tanggal 27 Januari, mereka dipaksa untuk menanggalkan pakaian mereka dan memotong rambut mereka di depan umum. Mereka juga dimasukkan ke dalam tahanan dan dipaksa untuk melakukan latihan fisik dan pelatihan suara dengan tujuan yang dinyatakan membuat mereka lebih “macho”.

Suara Kita, sebuah organisasi yang berjuang untuk hak-hak transgender, menetapkan bahwa hanya satu dari 12 orang yang benar-benar transgender. Tiga adalah pengunjung reguler salon dan sisanya adalah karyawan. Mengalami trauma dan merasa tidak aman , mereka melarikan diri ke Medan, provinsi Sumatera Utara dan daerah sekitarnya setelah kejadian itu.

Transgender di masyarakat Indonesia

Indonesia secara historis akrab dengan konsep orang transgender  atau waria, sebuah istilah yang mengacu pada lelaki yang muncul dan berperilaku seperti perempuan. Di negara itu dianggap sebagai “kondisi” ditentukan oleh perilaku, daripada segi identitas orang. Orientasi seksual biasanya tidak disebutkan atau didiskusikan di depan umum. Secara tradisional, ada waria dalam etnis Bugis, yang ditemukan terutama di Sulawesi Selatan, dan dalam tarian tradisional dan opera tertentu.

Ketika ada situasi yang cair berkaitan dengan gender karena fitur fisik, misalnya aspek biologis seperti anak yang dilahirkan dengan genital ganda atau ketidakseimbangan hormon lelaki dan perempuan sejak lahir, masyarakat biasanya akan menerima ini dengan empati. Waria secara historis hidup sebagai bagian dari keluarga dan komunitas. Meskipun mereka jarang diinvestasikan dengan peran kepemimpinan, penyanyi dan aktris Dorce Gamalama adalah perempuan trans yang ketenarannya sebanding dengan Oprah Winfrey di AS, menunjukkan tingkat penerimaan terhadap waria.

Upaya untuk mengubah identitas individu transgender sampai saat ini terbatas pada pendekatan yang lebih moderat, seperti yang diadopsi oleh para pemimpin agama (bukan hanya yang Islam) dan kekerasan terhadap mereka tidak umum. Di kota Yogyakarta bahkan ada pesantren transgender yang menawarkan pelatihan dan pendidikan untuk waria. Yang juga telah mencoba memperjuangkan hak-hak mereka , contoh terbaru adalah pernyataan status jenis kelamin pada kartu identitas nasional. Mereka juga berjuang untuk mengubah pandangan orang yang secara eksklusif mengaitkannya dengan pekerjaan yang berhubungan dengan seks.

Namun, tidak seperti individu transgender, masyarakat Indonesia secara tradisional kurang akrab dengan lesbian, gay, dan biseksual dan ini dianggap lebih sulit untuk diterima karena identitas ini lebih terkait langsung dengan preferensi seksual eksplisit.

Penerimaan publik terhadap komunitas LGBT

Dalam 20 tahun terakhir, komunitas LGBT telah tumbuh di Indonesia, menjadi semakin terbuka dan vokal. Selain itu, kehadiran transgender tidak terkait dengan profesi tertentu lagi. Menjadi LGBT telah menjadi pernyataan identitas dan gaya hidup yang sebagian besar condong ke arah tradisi Barat, termasuk berkaitan dengan pilihan pakaian, dan konsumsi alkohol dan rokok. Diskusi tentang orientasi seksual, yang di masa lalu dianggap tabu, kini lebih terbuka di publik.

Namun, penerimaan publik terhadap individu transgender dan komunitas LGBT secara keseluruhan telah berubah secara dramatis. Tidak suka telah berubah menjadi penolakan langsung dan bahkan fobia. Sebuah survei yang dilakukan oleh Saiful Mujani Research and Consulting pada bulan Desember 2017 menunjukkan bahwa lebih dari 87 persen responden merasa terancam oleh orang LGBT. Dan lebih dari 53 persen menolak gagasan memiliki seseorang dengan orientasi ini dalam keluarga mereka.

Agama adalah salah satu alasan utama dibalik kurangnya penerimaan semacam itu. Meskipun Indonesia bukan negara berbasis agama, negara ini memainkan peran yang sangat penting dalam menentukan norma di masyarakat. Secara hukum, Indonesia mengakui lima agama, tetapi Islam adalah agama yang dominan. Dalam ajaran Islam, homoseksualitas dikategorikan sebagai dosa. Namun, penafsiran cara mengatasinya terbagi menjadi pendekatan yang lebih radikal dan moderat. Dalam iklim sosio-politik saat ini, yang pertama semakin menonjol dibandingkan dengan yang kedua.

Munculnya radikalisasi

Kekerasan terhadap individu LGBT telah memburuk dengan meningkatnya konservatisme agama, yang telah meningkat dalam beberapa tahun terakhir terutama sebelum pemilihan regional dan nasional: eksploitasi isu-isu yang terkait dengan agama telah terbukti menjadi peluru ajaib dalam memperoleh lebih banyak suara. Karena itu, kaum minoritas menjadi sasaran empuk. 

Sebagai contoh, Gerakan Muslim 212 tidak hanya berhasil mendakwa gubernur incumbent Jakarta, ibukota Indonesia, Basuki Tjahaja Purnama, tetapi juga memasukkannya ke penjara karena dugaan penistaan ​​terhadap Islam. Dari etnis Tionghoa, dia berubah dari tokoh yang populer untuk memelopori kemajuan dalam pembangunan provinsi, melangsingkan birokrasi dan memenjarakan para pejabat yang korup. Sekarang, dia telah dijatuhi hukuman penjara karena penodaan agama. Akibatnya, para kandidat yang didukung oleh Gerakan 212 memenangkan pemilihan.

Dalam konteks ini, pemerintah daerah dan polisi membiarkan insiden kekerasan terhadap LGBT terjadi, atau lebih buruk, bahkan terlibat dalam aksi. Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia (YLBHI) melaporkan bahwa setidaknya ada 66 kasus pelecehan pada tahun 2017. Contoh lain adalag sebuah survei oleh Wahid Foundation yang menyatakan LGBT adalah kelompok yang paling tidak diterima oleh masyarakat luas. Pada April 2016, LGBT diikuti oleh “Komunis” dan orang-orang dari etnis Tionghoa.

Undang-undang tentang hak LGBT

Saat ini tidak ada undang-undang khusus tentang hak LGBT di tingkat nasional . Hanya ada Hukum Perkawinan yang hanya mengizinkan pernikahan dan perceraian antara orang-orang dari agama yang sama, dan tidak ada agama yang diakui yang memungkinkan pernikahan sesama jenis. Dalam kasus-kasus di mana penuntutan terkait LGBT terjadi, mengacu pada KUHP yang jatuh di bawah kejahatan penganiayaan yang diatur oleh Pasal 292 KUHP – yang digunakan untuk menghukum pelecehan seksual terhadap anak-anak, misalnya. Memanfaatkan momentum menuju amandemen KUHP secara umum, penentang LGBT mengusulkan agar diperluas untuk membuat homoseksualitas pada orang dewasa ilegal, dengan hukuman penjara maksimal sembilan tahun.

Amandemen ini telah menjadi bahan perdebatan sengit di kalangan aktivis dan kelompok masyarakat. Kemajuannya dalam parlemen berjalan lambat dan dikelilingi oleh drama politik untuk memenangkan pemilih. Zulkifli Hasan, pimpinan MPR menyatakan bahwa lima dari sepuluh fraksi di parlemen telah menyetujui revisi, tetapi menolak menyebutkan nama. Di DPR, sesi-sesi yang membahas artikel ini pada titik ini tidak pernah mencapai tingkat kehadiran yang cukup untuk kesimpulan yang muncul, sehingga amandemen tersebut sedikit kemajuannya.

Pemerintahan daerah

Beberapa pemerintah daerah telah mengeluarkan peraturan setempat  tentang masalah ini. Dalam kasus yang terjadi di Aceh, misalnya, kepala polisi, sebagai wakil pemerintah daerah, konon akan menerapkan hukum Syariah karena status otonomi daerah provinsi khusus, yang dikenal sebagai Daerah Istimewa. Ini berarti bahwa pemerintah pusat tidak memiliki kekuatan untuk campur tangan. Selain itu, otonomi mensyaratkan bahwa hukum regional dan nasional tidak masuk ke dalam konflik.

Kepastian hukum berkaitan dengan isu LGBT sangat dibutuhkan saat ini, karena Indonesia sedang memasuki puncak semangat politik sebelum pemilihan nasional pada 2019. Untuk menghindari kelompok minoritas ini semakin menjadi korban gejolak, pemerintah perlu meningkatkan dan memainkan peran yang lebih aktif dalam menghentikan sikap kebencian yang bisa berubah menjadi ujaran kebencian, kekerasan fisik, intimidasi dan pengusiran dari lingkungan. 

Tirani mayoritas tidak bisa diterima. Proses sosio-budaya untuk menangani isu-isu LGBT di Indonesia tidak dapat tergesa-gesa. Dengan menjamin kepastian hukum, pemerintah akan menyediakan tempat yang aman dan adil bagi semua orang, memungkinkan perdebatan berkembang di koridor demokrasi yang sehat.

Sumber: http://www.suarakita.org/
Share on Google Plus

About Blued Indonesia

    Blogger Comment
    Facebook Comment