Senjata Baru Aktivis LGBT untuk Melawan Hukum ‘Propaganda Gay’ Rusia


Sejak Rusia memperkenalkan “undang-undang propaganda gay” pada tahun 2013, kehidupan menjadi sangat sulit bagi LGBT yang tinggal di negara yang konservatif ini. RUU yang tidak jelas yang melarang “promosi hubungan seksual non-tradisional” kepada orang yang bawah 18 tahun telah disalahkan atas peningkatan kekerasan homofobik dan telah membuat hampir tidak mungkin bagi anak-anak dan remaja untuk mengakses representasi positif dari orang-orang LGBT. Sekarang, para aktivis telah mengembangkan strategi untuk melawan hukum yang merusak – dengan merekrut bintang media sosial di negara itu.

“Di Rusia, menjadi LGBT dipandang sebagai penyakit,” kata Anastasia Shamray, seorang aktivis berusia 21 tahun dari kota Rossosh, yang saat ini tinggal dan belajar di Berlin. “Kami ingin menjangkau generasi muda, dan kami pikir vlogger adalah cara terbaik. Jika Anda LGBT dan berkebangsaan Rusia, Anda tidak bisa coming out ke orang tua atau guru Anda, jadi, akan sangat berarti jika mereka bisa banyak mendengar influencer terkenal mengatakan bahwa tidak apa-apa menjadi gay. ”

Anastasia Shamray adalah bagian dari Quarteera, kelompok LGBT berbahasa Rusia yang berbasis di Berlin yang menawarkan bantuan kepada mereka yang melarikan diri dari kekerasan homofobik di wilayah tersebut. Pada bulan Agustus 2018, Quarteera mengundang sepuluh vlogger Rusia ke Berlin untuk bertemu dengan beberapa pengungsi yang bekerja dengan mereka, menghadiri acara Pride dan yang terpenting, belajar bagaimana berbicara positif tentang isu-isu LGBT – tanpa melanggar hukum propaganda gay. “Sangat penting bagi kami bahwa mereka tetap aman,” kata Anastasia Shamray.

Kelompok tersebut memilih untuk menargetkan YouTubers yang netral pada masalah LGBT, daripada yang sudah membuat konten politik, untuk menjangkau penonton yang lebih besar yang mungkin belum pernah terpapar pesan serupa sebelumnya.

Meskipun YouTube jelas populer di seluruh dunia, pengaruhnya di Rusia sangat mendalam. Ini adalah situs web ketiga terbesar di negara itu, dan dalam banyak hal yang paling dekat adalah media penyiaran yang bebas dan tidak disensor. “Generasi muda bahkan tidak menonton TV lagi,” kata Anastasia Shamray. “Setiap orang memiliki salurannya sendiri, bahkan anak-anak kecil.” Kekuasaannya tidak luput dari perhatian pemerintah Putin, yang secara teratur mengundang YouTuber terbesar ke acara-acara politik. “Saya pikir jika pemerintah menggunakannya untuk mempengaruhi, maka penting juga kita lakukan,” kata Anastasia Shamray.

Salah satu YouTubers yang diundang untuk mengunjungi Quarteera adalah Vitaly Kovalev, berusia 20 tahun yang membuat video komedi dan gaya hidup dan memiliki lebih dari setengah juta pelanggan. “Saya sangat gembira ketika saya mendapat undangan karena saya belum pernah ke luar negeri sebelumnya,” katanya. Dia mengakui dia awalnya tidak terlalu tertarik pada prospek bertemu dengan LGBT. “Saya tahu ada masalah dengan homofobia di Rusia, tetapi jujur ​​saja saya tidak pernah memikirkannya secara mendalam,” katanya.

Yang lain tertarik untuk mempelajari sesuatu yang baru. “Saya heteroseksual sehingga bukan komunitas saya, tetapi saya merasa saya harus berbicara dengan LGBT dan memahami masalah yang mereka hadapi,” kata Lera Lyubarskaya, 24, seorang YouTuber berbasis di Moskwa dengan 1,3 juta penonton. “Saya bersemangat untuk pergi ke acara Pride dan melihatnya sendiri. Orang-orang homofobik di Rusia selalu mengeluh tentang Pride dan mempertanyakan mengapa LGBT orang harus begitu terbuka dengannya. Tapi saya ingin mendengar sisi lain.”

Menurut aktivis hak asasi manusia Peter Tatchell, yang telah berkampanye tentang hak LGBT di Rusia, undang-undang propaganda gay telah “menciptakan suasana ketakutan dan sensor diri” dan “lampu hijau untuk prasangka homofobik, yang memicu diskriminasi dan kekerasan terhadap LGBT termasuk pemecatan guru gay dan serangan di tempat-tempat gay”. Quarteera memperkenalkan vlogger kepada pasangan lesbian yang dipaksa untuk melarikan diri dari Rusia setelah diserang oleh geng sayap kanan, sehingga mereka dapat melihat langsung betapa seriusnya situasi ini. “Saya lahir di sebuah kota kecil dan yang bisa saya pikirkan adalah, bagaimana jadinya hidup saya jika saya tidak heteroseksual, jika saya jatuh cinta dengan seorang gadis?” kata Lera Lyubarskaya. “Apakah saya harus meninggalkan keluarga dan negara saya?”

Vitaly Kovalev mengatakan bahwa dia “kembali menjadi orang yang benar-benar berbeda” setelah pertemuan itu. “Pride mengubah segalanya,” jelasnya. “Saya belum pernah melihat begitu banyak orang yang berbeda di satu tempat, atau merasakan begitu banyak cinta dan kebebasan.”

Semenjak pertemuan itu, kedua vlogger yang diundang membuat video yang membahas perjalanan mereka dan menyerukan lebih banyak toleransi. Untuk mematuhi hukum, video mereka ditandai di YouTube sebagai 18+. “Begitu banyak orang berterima kasih kepada saya dan mengatakan mereka tidak mengira bahwa saya – seorang pria yang lucu di YouTube – akan berbicara tentang sesuatu yang sangat serius,” kata Vitaly Kovalev. “Tapi saya juga mendapatkan komentar homofobik, orang-orang mengatakan hal-hal seperti, ‘Mengapa kamu mendukung orang-orang ini, apakah kamu b****?’ Saya mengadakan siaran langsung untuk mengatasinya, saya sangat marah. ”

Anastasia Shamray mengatakan dia “hampir menangis” pada sebuah video. “Jika saya masih tinggal di Rusia, saya tidak berpikir saya akan bisa coming out … jadi saya tahu betapa pentingnya bagi generasi muda untuk mendengar ini,” katanya. Peter Tatchell mengatakan bahwa dia yakin proyek itu adalah “petunjuk tentang bagaimana orang Rusia dapat membuat isu-isu LGBT terlihat tanpa mempertaruhkan tuntutan hukum.” Dia menambahkan: “Ini adalah respon kreatif, imajinatif terhadap hukum yang kejam dan homofobik.”

Menggunakan media sosial untuk menentang pemerintah dapat menjadi pekerjaan yang berisiko di Rusia. Beberapa blogger telah memiliki alamat dan informasi pribadi yang diposting online, dan “otoritas akan menggunakan alasan apa pun untuk menangkap Anda,” kata Anastasia Shamray. Tetapi dia yakin para influencer dapat menandai metode baru aktivisme. “Saya pikir media sosial adalah satu-satunya cara kita dapat mengubah keadaan, karena kita dapat melakukannya dari luar negeri. Itu satu-satunya kemungkinan.”

Disadur dari SuaraKita.com
Share on Google Plus

About Blued Indonesia

    Blogger Comment
    Facebook Comment